Pérspéktif.

20.04

Hellaw.

Jadi, sodara-sodara sekalian, sebagian, sekurangan, setambahan, di post ini, gue bakal share beberapa hal yang udah nyangkut di otak gue lama banget, lebih lama daripada nungguin pengumuman pemenang Indonesian Idol deh pokoknya. Kalo lo gak tau pengumumannya itu selama apa, gue kasih hint aja :

The host aka Daniel Mananta biasanya ngomong :
"Dan pemenangnya adalah.........

.....

.....

.....

.....Setelah jeda iklan berikut ini."

BA DUM TSS. JEGAR JEGER DUNG PRET.

Lalu Daniel Mananta nya nyengir. Lalu finalis Indonesian Idolnya angkat muka dari yang sebelumnya nunduk muluk, mungkin tadinya ngeliatin semut berantem di lantai panggung. ...Dan lalu, TV gue pun gue bakar.

Iya, intinya lama banget. Cukup buat lo pergi ke dapur, masak Indomie pake telor kalo lo mau (telor ceplok lebih enak), makan pake table manner ala keraton, nyuci piring setelah makan, kayang biar lo bisa bok*r, dan ketika lo udah dapet hasrat buat bok*r, silakan segera menabung di toilet (baca-baca/main HP di toiletnya sabi juga tuh), terus kalo udah kelar, baru deh balik ke depan tipi. Tenang, iklannya masih iklan HP C*na yang tadi kok. Daniel Manantanya juga masih redo make-up nya. Tenang aja broh, take your time.

EH KOK JADI BAHAS GINIAN. Ampun DJ, ampun!

Well, lanjut. Jadi, sebenernya, gue mo bahas suatu hal yang sebenernya besar banget kalo hal ini udah kena bentrok antara satu dan lainnya. Apaan tuh?

Hal yang satu itu namanya perspektif. Atau sudut pandang.

Hmm, jadi sekarang gue samain aja dulu pemahaman kita tentang perspektif, okeh?

Nih. Kalo kata KBBI, perspektif itu artinya : cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya); sudut pandang; pandangan.

Sementara kalo kata Wikipedia Bahasa Indonesia, perspektif dapat merujuk kepada sisi visual, grafis, kognitif, dan geometri. Tapi disini gue akan ambil pengertian dari sisi kognitif yang artinya : sudut pandang manusia dalam memilih opini, kepercayaan, dan lain-lain.

Dan hal-hal yang akan gue tulis selanjutnya, juga merupakan hasil dari perspektif/sudut pandang gue pribadi and I don't compel on you guys, so be free to tell me yours :)

Jadi intinya, gini. Gue nulis tentang hal ini karena gue sering (banget) bentrok dengan orang karena masalah perspektif. Padahal, menurut gue, everybody has their own perspectives of everything. And sometimes, lo gak bisa maksain perspektif lo itu ketika perspektif itu tidak cukup rasional (setidaknya dengan mengesampingkan faktor lainnya seperti emosi atau psikis).

Gue mo kasih salah satu contoh kasus perspektif dari kehidupan kita.

Suatu hari,  karena lo jomblo, lo mau karaokean sendirian. Tapi, begitu sedihnya lo, ketika lo lagi siap-siap, make celana jeans, dan tiba-tiba gak muat. Solusinya gimana ya?

Untuk memecahkan ini, perspektifnya dua dari badan lo sendiri atau dari celananya : 1. Ngurusin badan lo, atau 2. Gedein celananya.

Nah. Untuk hal yang sesimpel itu aja, udah ada perbedaan pespektif.
Beteweh, ini cuma satu contoh kecil aja ya. Masih banyak kasus lainnya. Gue yakin lo pasti sering banget ngalamin. Biasanya, kalo remaja itu, yang paling sering dialamin tuh masalah beda perspektif antara orangtua dan remajanya sendiri, atau antara siswa dan murid. Biasanya juga, perbedaan perspektif ini terjadi karena adanya perbedaan generasi, jadi persepsinya akan suatu hal juga berbeda karena zaman terus berubah juga.

Menurut gue sendiri, perbedaan perspektif itu sangaaaaat normal. Sangat, sangat, sangat NORMAL. It's one of the human natures.

Tapi, yang jadi masalah disini adalah, ketika lo punya perspektif dan lo maksain perspektif itu ke orang lain yang padahal, perspektif orang lain itu juga punya nilai yang sama dengan perspektif lo. Ngerti gak?

Nih, nih, gini deh. Misalnya anggap aja lo anaknya SBY. Lo selalu bilang ke orang lain kalo "SBY itu baik banget.". Tapi, ada ajudan bokap lu yang bilang kalo "SBY galak banget.". Nah disini lo gak bisa maksain perspektif lo ke ajudan bokap lo karena "pengalaman"nya berbeda dengan lo sebagai anaknya.

Ngerti kan sekarang? Insya Allah ngerti deh. Ngertiin aja deh. Ntar dimarahin SBY loh.

Gue juga punya salah satu contoh kasus lainnya yang terjadi kepada dua temen gue. Sebut aja temen gue ini namanya Agnez Mo Nikah dan Iko Mo Nangis. Jadi, si Agnez ini pengen banget jadi kayak si Agnezmo yang orang Indo tapi sering ke luar negeri buat kerja. Si Iko, yang ngeliat si Agnez ngebet banget, nggak suka dengan mimpi Agnez ini dan bilang ke Agnez.

I : "Ag, kalo misalnya perusahaan di Zimbabwe nawarin lo kerja disitu, gimana?"
A : "Mauk lah! Kan gue jadi bisa kerja di luar negeri!"
I : "Loh tapi nanti lo ninggalin Indonesia dong?! Gimana sih?! Indonesia kan belom bener, kok lo malah asal kabur aja kesana?!"
A : "Loh kan gue bawa nama Indonesia juga kesana. Lagian, ntar duitnya gue kirim juga ke Mak di kampung buat bangun kampung biar jadi maju kampungnya."
I : "MAK LO DOANG?! GUE MANA?! "
Lalu mereka berantem.
(P.S = Tidak sepenuhnya berdasarkan percakapan sesungguhnya.)

Nah, disini, terjadi perbedaan perspektif. Si Iko hanya melihat bahwa Indonesia "belom bener", dan beranggapan bahwa seharusnya tiap WNI ikut membangun Indonesia di dalam negeri. Sementara Agnez melihat bahwa padahal kalo dengan lo kerja di luar negeri, gak berarti lo gak bisa ikut membangun Indonesia.

Sebenernya, maksud dari masalah di atas adalah : perspektif di dunia ini banyak. Tinggal lo pilih aja lo mo liat suatu hal dari perspektif yang mana. But remember, choose carefully. And if you already chose one, don't overview. Ingat, banyak perspektif lainnya yang harus lo perhatikan dan tidak bisa lo abaikan atau bahkan lo hina.

Ada lebih dari 7 miliar manusia di bumi ini yang bisa menghasilkan 7 miliar perspektif berbeda akan setiap hal.

You've got to choose one. Or agree with one.

It's up to you, dear. :)

xo,
14-1-25-1

P.S = Remember not to overview.

You Might Also Like

0 komentar