Empat angka, beribu memori : 1322.

23.12


 "Bukan lawan, tapi kawan."

Pernah nggak di suatu persaingan, yang lo rasain bukanlah rasa dendam atau ambisius karena memperebutkan satu hal bersama-sama tetapi malah rasa sayang dan ketulusan untuk berjuang bersama?

Gue ngerasain itu di karantina seleksi YES untuk year program 2014-2015.

I've had several competitions in my life before; even a lot. But this one felt different. This ain't a competition. It might sound like it, but for me, it is not utmost.

Jadi ceritanya, gue memang sudah sejak lama memimpikan untuk bisa dapet program YES. Dan alhamdulillah, gue dan 9 orang Mutiaras lainnya dari Chapter Jakarta dapet undangan untuk seleksi Nasional di Wisma Handayani pada tanggal 14-16 November 2013. :')

Ya namanya juga seleksi, gak bakal dong semudah ngestalk twitter gebetan membalikkan telapak tangan. Sebelum tanggal 14 gue harus nyelesein another bejibun form dan berkas yang naujubileh. Baiklah...

Lalu tibalah tanggal 14! Semalemnya gue udah rebek banget sama urusan packing, berkas, dll. Mana tiba-tiba gue yang udah selo banget bawa kaos harus re-pack lagi dengan menggantinya jadi kemeja karena ternyata pakaiannya harus formal...(Well ini juga gara-gara ide sesat Dewang).

Gue pun berangkat dari rumah, capcus, dan nyampe di Wisma Handayani dengan selamat jam 10.50, yak 10 menit sebelum jadwal ngumpul yang emang jam 11.00. Nyampe disana udah ada anak-anak Chapter Jakarta kayak Yunda beserta Mamahnya tercinta, Alyaa, Eve (yang udah nyampe dari jam 8), Dewang, dan Bai. Dan emang dasar anak Jakarte, hebringnya udah gak ketulungan deh kalo udah ketemuan apalagi karena ada gue. Well, setelah itu kita join sama Chapter Bogor, Karawang, dan Bandung terus lesehan di lobby Wisma. Malu-maluin banget.

Yaudah, setelah perkenalan cubala-cubala, ada Kak Grandika yang dateng buat ngasih briefing sebentar sekaligus ngebagiin name tag dan pin serta PR gitu deh. Ini fotonya! :3

Name tagnya! Warna ijo itu untuk menandakan batch 1 :)
The pin that I now put in my pencil case :)
[Photo by @nendianur | instagram}
Setelah itu makan siang di wisma lantai 2 (Oh how I miss that place!). Kita udah mulai gabung antar chapter lain dan cekakak-cekikik bareng. Ditambah juga ternyata anak-anak chapter luar Jawa as in Balikpapan, Medan, dan Samarinda udah mulai berdatangan. Yeay!

Well habis itu kita dibagi ke kamar-kamar. Gue dapet kamar 1319 yang juga dihuni oleh Nendia dan Imas. Dan fyi aja, kayaknya temen sekamar itu disesuaikan dengan kepribadian gitu deh. Kamar gue hebringnya naujubileh, dan kita bertiga bener-bener punya banyak kesamaan. Ini cuma deduksi gue sih, tapi terbukti di kamar-kamar lainnya juga... #yaudahlah

Lalu kegiatan seleksi dimulai. Dimulai dengan adanya Dinamika Kelompok 1, dimana di kelompok gue waktu itu ada Ardi, Jeje, Rona, Wiwin, dan Risna. Ini seru banget, tentang River of Life gitudeh. Well intinya, what happens in the table, stays in the table. :)

Habis itu kita ada kegiatan psikotes gitu. Ya biasalah kayak psikotes-psikotes sewajarnya aja. Dan di psikotes ini gue malah dibuat ngakak banget-bangetan selama tesnya gara-gara gue dapet tempat duduk paling belakang dimana kanan-kiri gue cowok semua. Di kiri gue ada Cobel yang gambar rumah kelilit sama pohon, Odan yang batak tapi lawak, dan Jeje yang tempat pensilnya gambar Princess dengan tulisan "Princess 1928". Sementara di kanan gue ada Dewang yang gambar pistol dengan lope-lope dengan judul "Bullet for My Valentine". Gosh, gimana gue gak ngakak di belakang sampe diliatin anak-anak lain...

Lalu dilanjutkan dengan DK 2. Ini kayak main games gitu, tentang perusahaan. Di kelompok gue ada Eggy, Maulida, dan Pite. Dasar gue anaknya nekat, perusahaan kelompok gue bangkrut gede banget sampe 300 juta padahal kelompok lain cuma 100-200 juta. Emang biadab banget gue. Huhu.

Setelah semua kegiatan di hari pertama itu, kita semua lalu balik ke kamar dan ngerjain PR yang tadi siangnya dikasih. Setelah gue-Imas-Nendia sibuk ngerumpiin PR dan dikagetkan dengan cowok-cowok 1322 yang ngetok-ngetokin kamar semua orang tengah malem, akhirnya PR pun selesai dan kita pun bocan alias bobo cantik. :3 *nyisir rambut* #loh

Dan lalu, hari kedua!

Kegiatannya cuma wawancara sama essay writing. Wawancara dibagi 2, yang shift pagi dan siang. Dan gara-gara shift ini, ada kejadian yang bikin gue bener-bener lemes setengah mati...

Jadi sehari sebelumnya, entah gue berhalusinasi apa gimana, gue liat nama gue ada di shift siang, dan juga ada 3 temen gue yang emang bilang gue shift siang. Yaudah dong gue habis sarapan berselaw-selaw ria dan ngemaceuh bareng Forcil yang terdiri dari gue, Alyaa, Yunda, Imas, Nendia, Sony, Dewang, Cobel, Bai, dan Bagas di kamar 1322 alias basecamp kita. Kita bener-bener ngerumpi dan ngehebring banget-bangetan, ketawa cekakak cekikik kenceng banget pula. Tiba-tiba....

*lagi ketawa-ketiwi*

Ivana yang tiba-tiba masuk ke 1322 :
"Nay! Lo shift pagi, kok lo disini? Buruan udah dipanggilin!"

Gue langsung shock setengah mati.

"DEMIAPA GUE DAPET SHIFT PAGI GUE LIATNYA SHIFT SIANG ASTAGHFIRULLAH KATAK MELOMPAT GUE KENAPA YAAMPUN GUE PANIK"

Gue langsung lari ke kamar, ganti kemeja, cubala cubala dan berlari ke gedung 1 buat wawancara. Nyampe sana pas banget nama gue lagi dipanggil. Yaudah gue pun tetep wawancara, yah walaupun agak kurang maksimal, but well, I did my best. (Walaupun agak nyesel juga kenapa gak teliti, padahal itu kesalahan fatal banget).

Habis itu gue dengan lemes balik ke kamar lalu makan siang. Habis makan siang, gue sendirian di kamar karena Imas, Nendia, dan Forcil lainnya dapet shift siang kecuali Cobel tapi gue yakin waktu itu dia tidur -_-. Jadi, mulailah gue mencoba bobo ciang ketika tiba-tiba di deket tangga ada kehebohan yang luar biasa. Gue penasaran dan berjalan keluar kamar. Ternyata, anak-anak lantai 2 pada ngeheboh di meja deket tangga dan main ToD. Karena gue udah terlanjur ngeliat, terpaksa harus join main. Baiklah...

Dan habis itu, setelah satu persatu Forcil dan anak-anak lain udah mulai balik dari shift siang, 30an dari kita ngumpul di kamar 1322 dengan perasaan was-was gara-gara takut kalo tiba-tiba ada kakak panitia yang dateng. Walaupun ujung-ujungnya gaada sih, tapi sukses banget bikin was-wasnya dan bikin cewek-cewek panik kalo ada yang ngetok pintu. :)))

Kita di 1322 kegiatannya macem-macem banget, ada yang ngerumpi, mencoba tidur tapi gagal, main kartu, dll. Gue main tepok nyamuk sama Bai, Yunda, Eve, Vici, dan Dewang, dan ngakak setengah mampus ngeliatin Vici yang badluck banget sama Eve yang tiba-tiba nepok kartu yang tinggal satu, dia kira main uno HAHAHAHAHA :(

Setelah puas main kartu, gue ngerumpiin film, TV series, dan musik sama beberapa anak kayak Alyaa, Bagas, Dewang, dll dan OHMYGOD gue baru bener-bener nemuin orang-orang yang sama kayak gue banget!!! Gue kaget bener pas gue bilang gue suka Glee dan ternyata mereka;bahkan cowok kayak Dewang dan Bagas juga suka. Atau HIMYM. Atau Sherlock. Atau bahkan Demi Lovato yang Ghendis dan yaampun Cobel aja suka. Gila.

Dan inilah hasil jepretan kamera Risna terhadap manusia-manusia narsis batch 1...

"JAKARTAAA!"
Sama Bagas yang jualan Pop Mie goceng
Astaghfirullah...
Ngejudi Main kartu dulu!

Kasian...
Grewe-grewe yeah
Bromance Sony-Cobel yang lucu banget!!!
Yunda sang nenek sihir pengganggu tidur
YEAAAAAY!
Habis itu, kita bubar gara-gara udah mau Maghrib dan kita emang mau ada essay writing. Baiklah, kita pun capcus ganti baju blalalala dan makan malam lalu ngemper di koridor gedung 1 buat nunggu essay writing. Setelah itu, essay writing dimulai dan lalu selesai jam 21.00. Kita semua lalu balik ke wisma dan mulai mengadakan farewell party perpisahan yang actually more like kita semua ngumpul di ruangan lantai 2 dan ngobrol macem-macem. Niatnya sih mesen PHD, tapi sayang niat kita nyangkut di izin dari kakak akons. Untungnya kita dikasih jajanan-apasihtuh-namanya, yang penting lumayan lah ya...

Taunya, pas lagi makan-makan dan ngehebring, kita ditegur sama panitia untuk tidur karena udah malem. Tapi dasar nakal, kita malah ke 1322 dan bikin sesi cerita horror. Bai sang ketos jadi juragannya cerita horrror, walopun gak horror juga karena itu horrornya lawak banget dengan cerita temennya yang kesurupan dan tawaf lalu masuk ke box laundry dan temen dia lainnya yang juga kesurupan lalu lompat macan dan beatbox :(

Habis itu, semuanya pada bubar kecuali gue, Alyaa, dan Nendia yang tetep stay di 1322 lalu bikin Forcil lagi. Sayangnya Forcilnya gak lengkap karena Yunda dan Imas malah tidur di kamar. :( But well, kita terus ngomongin "macem-macem" sama cowok-cowok Forcil ampe tengah malem, dan itu bener-bener ngebuka point of view gue banget. #iykwim :)))

Setelah selesai, kita yang cewek pun balik ke kamar dan tidur biar besoknya bisa asoy ngerjain SLEP test....

Dan yap, day 3 alias hari terakhir! :'(

Kita semua sedih gamau pisah. Sarapan terakhir di lantai 2 udah nenteng koper karena harus check out. Hiks.

Dan yap, waktunya SLEP test. Gue kira ini test tampar-tamparan, ternyata bukan. #ahapasihlonay #ituSLAPbukanSLEP #ohiyasalah #lohkebanyakanhestek

Yaudah, setelah SLEP test, kita pun ada briefing terakhir dan lalu harus pulang.... walaupun gak langsung pulang juga karena kita batch 1 ngumpul di lapangan tennis dan foto-foto serta ngemper dan ngelingker bikin angket.

...FYI, gue dapet angket ter-rame dan ter-bigos. Yak, gagal deh gue bikin citra anak baik-baik... :(

Btw, ini foto-fotonya!

Sama FORCIL!!!!

Sama cewek Forcil!
Sama growo Forcil yang bukan growo.
Angket angkeeet~
Mari dihitung angketnyaaa!
:D
Yeaaah!
Batch 1!
Habis itu, kita semua terpaksa harus berpisah dan pulang padahal hati masih tertambat di Wisma Handayani.

It was one of the hardest goodbyes I've had in my entire life.

"Padahal cuma 3 hari ketemu, tapi rasanya udah kayak 3 tahun." - Yunda.

Betul banget.

Begitu banyak pengalaman yang gue dapatkan dari 3 hari itu. Ketemu teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia, bisa tau dan belajar bahasa serta budaya mereka, belajar dan terinspirasi dari mereka, serta banyak hal lainnya yang tidak bisa digantikan oleh kekayaan sebanyak apapun. Bahkan kalo Bill Gates nawarin gue gantiin dia jadi chairman Microsoft biar dia bisa ngerasain karantina seleksi YES, gue akan berkata tidak. Ya iya juga sih, secara itu juga gak bakal mungkin, tapi intinya, the experience was priceless.


Gue gak ngerasa ini kompetitisi sama sekali. Meskipun nanti cuma 85 dari kita yang bisa dapet YES, tapi gue gak mau persahabatan kita pecah. Kita harus ketemu di Orientasi Nasional. Harus!

Promise me, won't ya, batch 1?

I love you guys to the fullest. Good luck.

xoxo,

14-1-25-1

P.S = Aslinya gue mau ngepost ini sesegera mungkin, tapi gue masih di state belum ada kepastian lolos atau nggak so I cancelled my plan. Dan ternyata sekarang... alhamdulillah, menurut Kak Mulia dan Kak Kuka, gue dan (hebatnya) semua Mutiaras yang ikut seleksi YES, kita lolos!!! Well, wish us luck for whatever's coming ahead! :)

You Might Also Like

0 komentar