Reply Respect.

18.27

Pernah gak sih sebel banget ketika lo nulis chat ke seseorang tapi bukannya dibales, malah cuma dibaca doang alias di-read?

Gue yakin lo semua, yang pastinya kebanyakan punya gadget yang bisa dipake buat aplikasi chat messenger, ngejawab iya. 

Yah emang bener. Dan hal kayak gitu, gak cuma sekali atau dua kali kita alamin. Iya kan? 

Well, gue tertarik untuk ngebahas ini di sini. 

Jadi, menurut gue, ngebalas atau ngerespon setiap pesan yang diberikan kepada kita itu adalah salah satu wujud apresiasi tersimpel yang bisa kita berikan kepada orang lain.

Yap, apresiasi.

Jawaban atau respon dari kita terhadap chat itu yang menjadi bentuk apresiasinya. Apalagi, jika pesan yang dikirimkan kepada kita itu adalah sebuah pertanyaan atau semacamnya yang tentunya membutuhkan jawaban dari kita.

Sering kali, ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada seseorang, kita mengambil waktu dan keberanian untuk memutuskan apakah akan bertanya atau tidak. Gue sendiri sering ngalamin pertanyaan semacam "Nanya ke dia gak ya?" dan ketika gue memutuskan untuk bertanya, gue menjadi harap-harap cemas menunggu jawabannya.

...tapi, betapa keselnya gue kalo ternyata yang gue tanyain itu cuma di-read. Damn.

Yah, kita memang gak pernah tau kalau orang itu lagi sibuk apa gimana. Tapi pernah ngerasa gak sih, kecewanya udah ngumpulin keberanian buat nanya, tapi malah di-"cuek"in?

Mending kalo dibales di lain waktu, dengan alasan waktu itu lagi sibuk atau gimana. Tapi kalo nggak dibales sama sekali?

Gue sendiri, jujur, kalo lagi ngalamin kayak gini, agak bingung. Mau nanya lagi, takut malah makin dicuekin. Toh yang sebelumnya aja belom dijawab. Tapi kalo didiemin aja, sampe kapan mau nunggu jawabannya?

#NowPlaying : Apalah Arti Menunggu - Raisa

Well, gue ngerti sih, kalo cuma sesekali aja lo kayak gitu, misal emang beneran lagi sibuk banget jadi gak sempet. Tapi masalahnya, gue juga punya beberapa teman yang sering ngelakuin ini. Bahkan ada yang gak pernah ngebales chat sama sekali, cuma di-read doang. Bingung.

So, basically, most of the times, gue diemin aja. Yah, ini gue sih. Mungkin kalian beda. Itu semua balik ke lo-nya dan situasi-nya aja.

But whatever. Intinya, gue cuma ngerasa orang-orang yang cuma nge-"read" (dan ujung-ujungnya gak bales sama sekali padahal kita butuh jawaban) itu orang yang belum bisa menghargai. Mungkin bisa, tapi entah mengapa, tidak dilakukan.

People need you. Why not respond?

Or at least, if you can't, just let them know. 

For me it's okay kalo lo gak sempet bales sekarang dan cuma baca chat-nya aja lalu membalasnya kemudian ketika ada waktu. Yang penting adalah respon, karena bagi gue, responding = respecting.

Ohiya. Jangan samakan baca chat dengan baca brosur promosi : bisa lo buang habis lo baca. Atau malah (kadang) gak dibaca. Langsung buang aja, gitu. 

...ngerti gak?

Haft sudahlah, gue makin random.

Maaf banget buat yang ngerasa ini post 'sampah abis'. Tapi udah gatel aja gitu buat nge-post kayak gini. Hehe.

Pis lop en gawl deh buat yang ngerasa sering ngelakuin kayak gitu. Pesan gue jangan diulangin lagi yah. Hehe.

Dan maap juga kalo gue khilaf cuma read chat dari kalian. Serius, gue minta maaf. Manusia bisa khilaf, kan? Hehe. 

Btw kalo kalian ada yang mikir :

"Ah lebay lo Nay, itu kan cuma chat aja, cuma masalah kecil. Masih ada dunia nyata yang jauh lebih penting, kali."

Eits, jangan salah.

Jangan dikira dengan post ini gue "gila" dengan dunia maya dengan over-thinking terhadap semua yang terjadi di sana : misal gue jadi super galau kalo ada yang gak nge-respon chat gue. Nggak. 

Gue gak menggilai dunia maya, buat gue dunia nyata jauh lebih menyenangkan. Jadi kalo lo gak bisa merespon di dunia maya, masih ada dunia nyata yang selalu sedia untuk digunakan berinteraksi. 

...

Makin bingung?

Au ah. Gue juga bingung. Intinya gitu deh. 

Gue pergi dulu deh. Sekali lagi maaf. 

...Eh, kebanyakan minta maaf ya gue?

Sudahlah, dadah.

14-1-25-1

You Might Also Like

0 komentar