Tetap atau Kemana?

00.17

Jadi, seperti yang udah gue tulis di post sebelumnya,

Gue udah empat bulan di Jogjakarta.

Empat bulan meninggalkan Ibu, Bapak, dan Afsa di rumah.

Rumah?

Rumah yang mana?

Kenapa ya, gue disini kerjaannya jadi nanya mulu.

Tapi emang, definisi rumah jadi susah dijawab.

Ha hi hu he ho deh.

Tapi, yaudah. Gue disini mau cerita.

Empat bulan di Jogja,

Alhamdulillah udah dapet keluarga baru. Keluarga yang dengan segala keanehannya, masih masuk nalar gue untuk dijadiin keluarga. Aneh ya?

Tapi, mereka ini keluarga. Keluarga yang, bedanya dengan keluarga asli gue di Jakarta, bisa diajak berdialektika 24 jam plus plus selama 7 hari plus plus juga.

Plus plus nya itu, plus gosip maksutnyah. Gausah mikir aneh-aneh, deh. Hehe.

Maksudnya aneh-aneh itu apa... sejujurnya gue juga gatau. Ah, abaikan!

Yaudah, intinya. Kalau lo merasa salah satu dari anggota keluarga yang gue maksud diatas, selamat! Anda udah punya kamar kalo mau jalan-jalan ke Jakarta.

...lalu, ada kegalauan lainnya.

Kalo kalian kenal gue, sebenernya gue ini masih kepengen banget pindah ke fakultas sebelah, yaitu FK. Fakultas Kesastraan. Ketawa dong, yar ga gareeng. Hehe.

Tapi, apa daya.

Semesta membawa badanku kesini.

Dari empat bulan ini, otak gue masih terkaget-kaget. Dimulai dari penyadaran kalo gue ini ternyata bodoh banget yah. Apalagi soal sejarah atau politik. Jadi makin gak ngerti, kenapa gue mesti berada disini?

Kalo dipikir-pikir, gue ini begini karena keluarga gue juga. Gue dilahirkan di keluarga yang gapernah ngomongin politik sekalipun. Nah, kenapa anaknya masuk FISIPOL, gue juga gapaham.

Di minggu pertama gue disini, gue malah dapet kabar. Kalo gue diajakin tes tahap 3 beasiswa ke Jepang. Berita yang bikin gue kaget sekaget-kagetnya kaget, karena..... dari tes-tes sebelumnya, gue yakin banget gak bakal lolos. Bayangin, soal MTK-nya gue gaada yang yakin sama sekali jawabannya. Cuma isi 5 dari 20an soal. Bayangin kekagetan gue pas tau ternyata gue lolos ke tahap selanjutnya.

Tapi, dengan tekad yang masih kuat banget karena awalnya di Jepang gue pengen ambil sastra, gue pun nekat balik ke Jakarta buat tes. Ba bi bu be bo, tes berjalan dan gue balik ke Jogja sambil dengan harapan diterima.

Eh, semesta malah semakin mendekap gue buat di Jogja.

Tapi okeh deh. Semesta, aku patuh!

Yaudah, gue tetep disini dengan modal nekat aja jadi anak HI tanpa latar belakang politik sama sekali. Ngurusin politik negara sendiri aja jarang, ini lagi politik negara orang. Gimana ga pushink.

Karena inilah juga... sesekali, gue merindukan rumah.

Eits, salah deh. Gue merindukan perasaan yang ada ketika gue di rumah.

Perasaan nyaman ketika lo tau buka pintu kamar lo bisa cium masakan Ibu lo. Atau suara ngaji Bapak lo. Atau siaran The Amazing Race yang ditonton adek lo.

Ah, super kangen. Level berapa nih kangennya. Udah level ubun-ubun ampe jungkir balik keknya. Hng, apaansih.

Tapi berbicara soal kangen, kalo kangen lain, ada juga kangen lainnya.

Gue kadang suka sebel. Liat temen-temen yang dengan mudahnya bayar tiket pulang ke negara exchange mereka dulu. Kok berasanya tebar duit banget yah. Lah gue makan omelet di burjo aja udah berasa hambur duit, padahal omelet cuma 8 rebay.

...iyah, gue kangen rumah yang nun jauh disana.

Sebenernya sih, yang bikin sedih itu, ketika gue sadar kalo ketika gue balik kesana lagi, rasanya akan beda. Temen-temen gue gabakal ada disana, host fam gue bakal jadi beda banget, toko-toko di kota gue atau di downtown bakal banyak yang berubah... serta perbedaan lainnya.

Sedih. Jadi mikir, kapan ya bisa balik. Kapan punya duitnya. Kapan bisa nabung. Ah, kapan-kapan lah!

Tapi... selama empat bulan ini juga, gue juga dapet banyak banget hal.

Tentang gimana inteleknya mahasiswa FISIPOL yang kerjaannya diskusi mulu,
Tentang gapahamnya gue kenapa Sansiro indah banget kalo malem,
Tentang kenapa yah gue memutuskan masuk UGM MUN Community, padahal gaada bakat ngomongin politik atau sejarah atau public speaking atau segala similikitinya,
Tentang gimana keragaman ide dan pikiran yang selalu gue dapet kalo lagi rapat atau ngumpul di DEMA,
Tentang pengamatan gue terhadap praktik politik pertama yang gue liat di KOMAHI,
Tentang pengabdian masyarakat yang baru gue rasain keseruannya disini,
Tentang kelompok Social Work 4 dan Buddy A yang seru banget,
Tentang asiknya main ama kakak tingkat tapi masih dengan respek,
Tentang romantisnya kampus UGM kalo lagi ujan.

Dan dari semua pengalaman gue diatas,

Gue rasa, gue bisa bertahan.

3.5 tahun lagi.

Sebelum gue mencari jalan setapak buat mimpi lainnya lagi.

14 November, 2016. 00.11, mengejar deadline.

14-1-25-1.



You Might Also Like

0 komentar